Parlementaria

Yusuf Mustafa Sampaikan Harapan Momentum HUT ke-78 Korps Brimob Polri

KOTAKU, BALIKPAPAN-Anggota DPRD Kaltim Yusuf Mustafa yang menjadi wakil dari Ketua DPRD Kaltim, menghadiri upacara peringatan HUT ke 78 Korps Brigade Mobile (Brimob) Polri yang mengusung tema “Negara Aman Menuju Indonesia Maju”.

Upacara itu digelar di Lapangan Mako Brimob M Jasin Balikpapan, Kamis (16/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Yusuf Mustafa menyampaikan ucapan selamat kepada Korps Brimob yang kini berusia 78 tahun.

Korps Brimob perlu terus siaga serta bisa melewati berbagai kondisi maupun rintangan tugas untuk masa yang akan datang dengan fokus terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Korps Brimob sebagai pasukan pelopor maupun pasukan elit untuk kesuksesan Indonesia dalam menjaga ketertiban, keamanan serta kewibawaan.

“Sebagai prajurit pelopor adalah menjadi kewajiban Brimob dan tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban,” tutur Yususf Mustafa usai acara.

Dia memiliki harapan dengan keberhasilan dan semua yang sudah dicapai oleh Korps Brimob saat ini, dapat memotivasi peningkatan kinerja untuk mengayomi, melayani maupun menjaga masyarakat demi melindungi integritas negara.

“Harapan saya, generasi-generasi muda Korps Brimob dapat terus meningkatkan kemampuan sumber dayanya,” tutur Yusuf.

Legislator Partai Golkar ini menuturkan, hal itu akan membuat Korps Brimob menjadi pasukan yang dibanggakan oleh Polri serta dicintai oleh masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menyebutkan bahwa Korps Brimob Polri memiliki sejarah perjuangan serta pengabdian terhadap pengawalan perjuangan bangsa Indonesia serta sudah terdaftar menjadi torehan tinta emas.

Dia menerangkan, asal mula Korps Brimob yakni dari terciptanya Tokubetsu Keisatsu Tai yang diubah menjadi Polisi Istimewa serta dengan gagah berani ikut serta pada sejumlah pertempuran demi meraih kemerdekaan.

“Selanjutnya Polisi Istimewa dilebur dan diubah menjadi Mobile Bragade (Mobrig), 14 November 1946 yang akhirnya ditetapkan menjadi hari jadi Korps Brimob,” ungkap Irjen Pol Nanang Avianto saat menjadi pemimpin upacara.

Dia menilai bahwa dalam perjalanannya Mobile Brigade tetap setia serta memiliki dedikasi untuk melakukan pemberantasan beberapa pemberontakan untuk melindungi kemerdekaan.

Hikmah dari hal itu maka 14 November 1961 Presiden Soekarno memberikan hadiah penghargaan Pataka Nugraha Cakanti Yana Utama atas bakti serta pengorbanan Mobile Brigade.

“Hingga kini sepak terjang Brimob tidak diragukan lagi terutama dalam rangka penanggulangan kejahahatan berintegritas tinggi, mengamankankan berbagai program dan agenda pemerintah,” pungkasnya. (Advertorial/DPRD Kaltim)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top